Tips dan Trik

Cara Membersihkan Laptop dari Virus dengan Mudah

Virus laptop merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi para pengguna laptop. virus ini merupakan sebuah program yang didesain untuk masuk ke perangkat laptop dan melakukan kegiatan yang merugikan pengguna. Lalu bagaimana cara membersihkan laptop dari virus berikut panglaptop berikan tipsnya.

cara membersihkan laptop dari virus

Virus ini memang menjadi sebuah momok bagi para user laptop karena jika terdapat virus didalam laptop maka dapat merusak kinerja dari laptop dan bisa mengakibatkan hilangnya data-data yang penting.

Virus ini masuk biasanya melalui ketika browsing atau bisa juga melalui lik-link yang tidak jelas. Virus laptop juga menjadi penyebab cepat penuhnya ram p.

Penyebab Laptop Terkena Virus

  • Jarang update anti virus karena pada setiap tahun atau bahkan bulan virus terus berkembang menjadi lebih pintar maka itulah harus rajin mengupdate antivirus.
  • Mengunjungi situs yang tidak jelas
  • Mendownload file atau aplikasi buka ditempat aslinya atau sembarangan.

Jenis-jenis Virus Laptop

1. Trojan

Virus Trojan merupakan sebuah virus yang cukup pintar karena dirinya bisa bersembunyi pada program diperangkat laptop.

2. Spyware

Virus ini juga termasuk virus yang cerdas dimana virus ini mampu menginstall dirinya sendiri pada laptop tanpa sepengetahuan dari pengguna laptop. virus ini merupakan yang cukup berbahaya karena bisa mencuri data-data penting dan pribadi milik pengguna.

3. Worm

Virus worm merupakan sebuah virus yang mampu menyebar tanpa membutuhkan interaksi dari pengguna laptop, jadi virus ini bisa masuk walaupun laptop kamu tidak diapa-apakan. Yang paling sering virus ini masuk melalui email.

Cara Membersihkan Laptop dari Virus

1. Menggunakan Command Prompt

Dengan melaui Command Prompt kamu tak perlu lagi menginstall aplikasi antivirus, berikut cara mengaksesnya.

  • Klik menu start terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan mengetik cmd dan kemudian klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Ubah menjadi run as administrator.
  • Misalkan, yang akan kamu tuju adalah drive D, maka ketik dengan format dir D: attrib -s -h /s /d . kemudian enter. Apabila kamu ingin memeriksa drive selain D, maka tinggal mengganti saja huruf D dengan lokasi drive yang akan kamu periksa.
  • Lalu , command prompt akan memeriksa drive yang dipilih dan memuat semua file yang terdapat di drive tersebut.
  • Selanjutnya , cari file yang menurutmu itu aneh dengan format .EXE, yang dimana kamu tidak pernah sama sekali melakukan penginstalan sebelumnya, kamu bisa hapus melalui command prompt ini.
  • Jika tidak bisa dihapus, kamu bisa search melalui Run, dan menghapus file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan REGEDIT dengan cara klik Start > Run > Regedit > Edit > Find >kemudian kamu masukkan nama file virus yang tadi ditemukan di command prompt.

2. Memakai Anti Virus

Selain dengan cara melalui Command Prompt seperti yang telah saya paparkan diatas, kamu juga bisa menggunakan antivirus untuk bisa menghilangkan virus. Gunakan antivirus seperti Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky,windows defender dan lain-lain. Gunakanlah salah satu antivirus jangan semuanya,gunakan yang kamu anggap terbaik, tapi jangan lupa juga untuk selalu mengupdate secara rutin.

3. Lakukan Instal ulang

Cara lainya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus virus di laptop adalah dengan cara melakukan install ulang pada laptop. Install ulang bisa kamu gunakan jika virus yang terdapat pada windows telah sedemikian parah sehingga aplikasi anti virus tidak bisa mengatasinya dengan sempurna. Tetapi, sebelummelakukan install ulang, pastikan bahwa kamu sudah membackup data – data penting dari laptop.

4. Lakukan Format Partisi

Cara yang terakhir adalah dengan cara melakukan format partisi yang telah terkena virus. Cara yang satu ini tergolong beresiko dan tetapi cara tidak menjamin 100% virus hilang sepenuhnya
Namun apa salahnya, ini dapat dicoba tetapi dengan catatan virus yang kamu alami adalah virus yang terdapat pada flashdisk atau memory card.

Demikan cara membersihkan laptop dari virus, cara tersebut bisa kamu terapkan yang menurut kamu paling sesuai dan mudah, semoga dengan membersihkan virus yangterdapat di laptop, performa laptop akan lebih meningkat.

Semoga bermanfaat.

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *