Tips dan Trik

Cara Menggunakan Handbrake Untuk Kompres Video dengan Mudah

Cara menggunakan Handbrake sangat mudah serta sederhana, sehingga Kamu dapat mengecilkan ukuran video dalam sekejap. Ya, Handbrake merupakan aplikasi kompresi video lintas platform yang dapat dipasang pada sistem operasi Windows, Macintosh sampai Linux. Melalui program ini, pengguna dapat mengecilkan dimensi video tanpa mengurangi kualitasnya.

cara menggunakan handbrake

Hebatnya lagi, Handbrake ini juga telah support dengan banyak format video, jadi Kamu tidak perlu cemas harus mencari aplikasi lain untuk mengkompres video dengan format tertentu.

Baca juga: cara mematikan firewall Windows 10.

Dimensi video yang kecil akan mempermudah Kamu pada saat ongin berbagi video dengan orang lain secara online ataupun offline. Berikut kami rangkum seluk beluk Handbrake dan cara menggunakan handbrake yang benar.

Pengertian Handbrake

Handbrake merupakan aplikasi open source yang dapat digunakan untuk konversi serta kompresi video dengan leluasa sesuai kemauan Kamu.

Tanpa diragukan lagi, Handbrake merupakan aplikasi terbaik dimana pengguna dapat mengatur kualitas, dimensi, format, resolusi dan audio dalam suatu video.

Handbrake telah berpengalaman selama berpuluh- puluh tahun, jadi sangat dianjurkan buat Kamu yang lagi mencari aplikasi konversi serta kompresi video terbaik.

Saat ini Handbrake telah ada untuk berbagai platform Windows, Mac serta Linux yang akan membuat pekerjaan konversi dan kompresi video jadi sangat gampang.

Fitur-Fitur Unggulan Handbrake

Mendukung Seluruh Format Video

Salah satu alasan mengapa Handbrake sangat recommended merupakan sebab aplikasi ini mendukung banyak sekali format video, dari format lama sampai yang terkini sekalipun. Maksudnya, Kamu dapat mengkonversi format video apapun jadi format lain yang baru sekalipun bisa di kompresi.

Beberapa format yang telah ada di antara lain merupakan MP4, MKV, AVI, MPEG serta masih banyak lainya. Seluruh format video yang disebutkan di atas mempunyai keunggulan yang masing-masing berbeda- beda, misalnya saja Kamu mau melihat video dengan kualitas/ resolusi seperti cinema, maka kamu dapat memilih dengan format MKV.

Mudah Dioperasikan

Cara menggunakan Handbrake sangat gampang sebab mempunyai interface simpel yang akan mempermudah pemakaian, khususnya buat orang yang masih pemula.

Handbrake mempunyai serangkaian fitur yang gampang dimengerti sekali sehingga pengguna mudah mempelajarinya.

Aplikasi ini pula telah menyediakan preset siap pakai yang dapat Kamu manfaatkan secara langsung tanpa mencari terlebih dahulu, misalnya saja preset untuk DVD ataupun Youtube.

Lewat fitur ini, Kamu hanya perlu satu klik untuk membuat video Kamu mempunyai format, dimensi serta resolusi yang cocok preset secara otomatis.

Transcode Sangat Cepat

Handbrake sangat dapat diandalkan untuk konversi serta kompresi video dengan cepat sebab telah didukung dengan aplikasi/ hardware acceleration.

Lewat fitur ini, Kamu dapat mengkonversi video dengan durasi satu jam hanya dalam sebagian menit saja.

Gratis Tanpa Batasan serta Lintas Platform

Handbrake merupakan aplikasi open source yang dapat Kamu pakai secara free selamanya. Aplikasi ini tidak mewajibkan Kamu membeli tipe premium/ full version untuk memperoleh akses penuh ke fitur- fiturnya sangat berguna.

Tidak hanya free, Handbrake juga tidak eksklusif serta dapat digunakan di bermacam platform dengan mudah tanpa ribet. Dapat disimpulkan, memakai Handbrake jauh lebih baik daripada Kamu compress video online lewat web.

Tool Super Lengkap

Handbrake ialah aplikasi paket komplit sebab pengguna dapat memakai tool berbagai macam untuk konversi serta kompresi video.

Tidak hanya fitur utama tersebut, pengguna juga dapat mengatur ulang aspek seperti rasio, resolusi, audio, subtitle serta lain sebagainya.

Cara Menggunakan Handbrake

Berikut kami jelaskan cara menggunakan handbrake dan cara kompres video menggunakan handbrake khusunya buat Kamu yang baru pertama kali memakainya:

  • Pertama untuk cara menggunakan handbrake Kamu dapat mengunduh aplikasi Handbrake free dari link berikut ini https:// handbrake. fr/ downloads. php
  • Apabila sudah, lakukan instalasi serta ikuti prosesnya sampai selesai
  • Setelahnya buka dan jalankan aplikasi Handbrake dengan cara double click
  • Sesudah terbuka, klik opsi“ File” kemudian pilih opsi“ Source” untuk memasukkan video yang mau kamu kompres/ konversi memakai Handbrake
  • Berikutnya cari video yang kamu inginkan , setelah ketemu klik videonya dan tekan opsi“ Open”
  • Sesudah memasukkan video, Kamu wajib memastikan letak penyimpanan video sesudah dikompres nantinya, caranya klik“ Browse” di menu“ Destination”
  • Berikutnya Kamu dapat memakai“ Presets” yang terletak di kanan Kamu, bila tidak maka dapat memilih opsi“ Normal”
  • Untuk melakukan proses konversi video Kamu dapat mengakses menu“ Output Settings”
  • Bila mau mengubah format video, Kamu dapat klik opsi“ Container”
  • Berikutnya, Supaya video tersebut cocok dengan spesifikasi video yang dapat di upload di internet, Kamu ceklis opsi“ Web Optimized”
  • Berikutnya Kamu dapat mengakses menu“ Picture” untuk mengatur resolusi, dimensi serta display videonya
  • Berikutnya pada tab“ Video”, ubah“ Video Encoder” menjadi“ H. 264( x264)”
  • Bila mau mengatur kualitas audio serta subjudul, Kamu dapat mengakses opsi“ Audio” dan“ Subtitle”
  • Nah, bila seluruh pengaturan yang Kamu inginkan sudah selesai, maka Kamu tinggal klik opsi“ Start Encode”

Lama tidaknya proses penyimpanan tergantung dari kualitas video yang Kamu kompres, semakin bagus kualitasnya maka akan semakin lama juga prosesnya.

Bila sudah, Kamu dapat mengecek di folder destinasi untuk melihat perbandingan saat sebelum dan setelah video dikompres menggunakan handbrake

Bagaimana mudah bukan cara menggunakan handbrake ? bila masih belum paham cara menggunakan handbrake untuk kompress video kamu bisa diskusikan dikolom komentar.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *