Tips dan Trik

Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Disaat tengah mengetik memakai aplikasi pengolah kata pada laptop, seketika laptop yang kita pakai“ mati”. Sangat menjengkelkan bukan? Untungnya sebagian aplikasi pengolah kata mempunyai fitur autosave, sehingga pekerjaan terakhir kita bakal tersimpan meski tidak sempurna.

laptop mati sendiri

Laptop mati sendiri kerap terjadi ketika kita sedang bermain permainan, tetapi kerap juga terjadi dikala sedang melakukan  browsing ataupun mengerjakan tugas tentang itu juga dapat terjadi.

Kemudian apa yang jadi penyebab laptop mati dengan sendirinya? Banyak sekali penyebab dari keadaan laptop yang semacam itu, antara lain bisa disebabkan permasalahan hardware, tegangan listrik, ataupun apalagi ada permasalahan pada monitor laptop itu sendiri.

Mayoritas orang akan segera mencari penyebab laptop mati sendiri, mulai dari mengecek daya baterai sampai antivirus yang terpasang. Tetapi kenyataannya laptop jauh lebih luar biasa daripada yang disadari mayoritas orang, semacam mempunyai mekanisme proteksi diri yang mematikan pc bila terdapat komponen yang sangat panas.

Buat permasalahan ini ada banyak diagnosa, disini panglaptop akan menarangkan macam-macam penyebab serta gimana cara mengatasinya. Ikuti penjelasan dibawah ini;

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Terlalu Panas/Overheat

Riset menampilkan pemicu laptop mati sendiri, 9 dari 10 permasalahannya terpaut dengan permasalahan overheating ataupun laptop yang sangat panas. Overheating biasanya diakibatkan oleh pemakaian laptop yang kelewatan. Ini pula bisa diakibatkan oleh pemakaian laptop di tempat yang bersuhu besar, ataupun dengan meletakkan laptop di atas barang yang gampang meresap panas.

Para industri pembuat laptop, khususnya pada bagian processor, kerap kali membuat suatu mekanisme shut down otomatis apabila dirasa panas laptop telah sangat kelewatan.

Meski dengan pertumbuhan processor generasi terkini ini, tampaknya besar permasalahan semacam ini tidak akan terjadi dikarenakan tingkatan pengelolaan panas semakin dimaksimalkan.

Debu menutup coolingpad

Sebab cooler meniupkan angin, besar mungkin debu terperangkap an menumpuk didalam kipas( cooler), lama kelamaan debu yang menumpuk tersebut hendak menebal serta membatasi putaran kipas, dampaknya proses pendinginan tidak bisa mengimbangi kenaikan temperatur dalam komponen, akhirnya komponen( misalnya prosesor) hendak hadapi panas yang berlebih( over- heat) sehingga pc hendak mati dengan sendirinya( secara seketika).

Terjadi Kerusakan RAM

RAM yang hadapi kehancuran pula jadi salah satu aspek laptop yang tiba- tiba mati sendiri.

Tidak hanya itu, terkadang juga akan terjadi permasalahan lemot yang luar biasa di laptop, meski keadaan processor ataupun spesifikasi yang lain dan pemakaian aplikasi tidak begitu buruk.

Apabila perihal ini terjadi, maka mau tidak mau kamu wajib mengubah RAM yang terpasang pada laptop. Supaya tidak memperparah kinerja dari RAM itu sendiri.

Kerusakan Hardware

Pemicu laptop mati sendiri yang universal yang lain merupakan kegagalan fitur keras. Bisa jadi kegagalan komponen fitur keras tidak sering terdengar paling utama pada laptop yang sudah diperbarui.

Terkadang pemasangan fitur keras baru bisa menimbulkan laptop mati sendiri sebab fitur yang tidak kompatibel. Bisa pula pada permasalahan lain, kegagalan perangkat keras bisa diakibatkan oleh fitur yang telah usang dan perlu ditukar.

Sehabis kita mengidentifikasi penyebabnya, kini identifikasi penyebab sesuai dengan yang Kamu alami, berikut sebagian metode buat menanggulangi kasus laptop yang mati sendiri yang diakibatkan oleh hal- hal semacam terurai diatas

Virus komputer

penyebab laptop mati sendiri yang terakhir merupakan laptop yang terkena virus. Sebagian virus pc betul- betul hendak mematikan laptop dengan sendirinya, walaupun bisa dinyalakan kembali.

Virus- virus ini umumnya diaktifkan oleh kegiatan tertentu yang Kamu jalani di laptop, semacam mengunduh file ataupun membuka program tertentu.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Membetulkan sistem pendingin laptop

Tidak cuma karena sumber daya yang kurang baik, permasalahan yang bisa mencuat yakni sistem pendingin laptop yang kurang baik.

Perihal yang butuh dilakukakan merupakan dengan mengubah thermal paste, mengubah heatsink, mensterilkan kipas laptop, serta permasalahan yang lain.

Bila kamu merasa kesusahan membetulkan permasalahan tersebut, mintalah teknisi buat memperbaikinya.

Membersihkan debu dari cooling pad

Hal ini memanglah sebaiknya dilakukan secara teratur, tetapi tidak semua orang“ berani” membuka cassing laptop untuk mensterilkan cooler prosesor yang terdapat didalamnya, perlu kemampuan kusus untuk membuka cassing laptop sebab tiap- tiap laptop biasanya mempunyai ciri tertentu, terdapat yang mewajibkan kita membuka keyboard terlebih dulu, terdapat yang bisa dibuka langsung dari bagian dasar laptop,

Menggunakan Antivirus Terbaik

Untuk memastikan Kamu mempunyai pertahanan terbaik melawan virus, pastikan Kamu menjalankan program anti- virus dengan latar belakang yang bagus. Bersihkan laptop Kamu dari virus dengan anti- virus yang ada.

Demikian penjelasan penyebab laptop mati dan cara mengatasinya, kamu bisa gunakan salah satu cara diatas

Semoga Bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *